Home » » Sejarah Toyota

Sejarah Toyota

Sejarah Toyota dimulai ketika Kiichiro Toyoda,  pendiri Toyota yang lahir tahun 1894. Ayahnya, Sakichi Toyoda dikenal sebagai seorang penemu mesin tenun otomatis (automatic loom).  Terbawa genetik keingintahuan besar untuk meneliti dan menghasilkan sesuatu, Kiichiro Toyoda memutuskan mengabdikan dirinya untuk menghasilkan mobil. Sesuatu yang tak jelas ujung pangkalnya saat itu. Dengan kerja keras tanpa henti, bayi Toyoda, sebuah pionir prototipe mesin Model A kemudian lahir tahun 1934.  Diikuti mobil dan truk pertama tahun 1935, model A1 dan G1.  Disusul hasil desain kedua mobil model AA tahun 1936.  Tahun 1937, Toyota Motor Company berdiri sendiri, dipisahkan dari Toyota Automatic Loom Company, untuk siap menempuh jalur karirnya sendiri.  


image

Dari tahun  1936 sampai 1943, Toyota mulai menjual sedan, tetapi jauh lebih sukses menjual truk dan bis.  Turn-around menuju percepatan produksi terjadi setelah perang dunia ke-2. Di Desember 1945, Toyota membangun produksi mobil melalui sistem manajemen yang justru diabaikan Amerika, namun dihidupkan oleh pelaku legendaris Toyota yang dikenal kemudian: Taiichi Ohno.  Sistem kaizen dan lean manufacturing menjadi dasar produksi.  Ohno lah yang justru dikenal dalam sejarah Toyota sebagai orang yang meletakkan dasar-dasar pondasi filosofi, prinsip dan sistem manajemen Toyota, yang berlaku sampai saat ini, di mana hubungan manusia dan pekerjaan didefinisikan melalui filosofi The Toyota Way

The Toyota Way adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan alat-alat bantu agar manusia terus-menerus memperbaiki pekerjaannya.  Filosofi jangka panjang Toyota adalah setiap manusia memiliki kebutuhan untuk mendapatkan makna, menemukan motivasi dan memantapkan tujuan pribadi dalam hidupnya.  Dalam mengambil keputusan, filosofi Toyota membuat para pemimpin Toyota selalu mendasarkan  keputusan-keputusan perusahaan pada filosofi jangka panjang membangun perusahaan, meskipun itu berisiko pada berkurangnya pencapaian tujuan finansial jangka pendek.

Setelah 77 tahun menduduki posisi nomor 1 sebagai produsen mobil terlaris di dunia, General Motor kemudian lengser ke ranking  kedua.  Posisinya kini diambil alih Toyota.
Di sepanjang 2008, GM menutup penjualan 8.355.947 mobil dan truk di seluruh dunia. Sementara Toyota menjual sekitar 8.972.000 dan berselisih 616 ribu unit.  Bagi saya yang cukup lama di Toyota, kenyataan ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Meski terjadi lebih cepat dari dugaan (karena adanya krisis global), prediksi bahwa Toyota akan merajai dunia, menjadi sebuah logika pasti. Pertanyaannya hanyalah kapan.  


Toyota secara konsisten telah menunjukkan jauh lebih baik dari pesaingnya dalam hal kualitas, produktifitas, penurunan biaya, penjualan, pertumbuhan pasar, dan kapitalisasi pasar. Tetapi juga mengherankan, begitu banyak peneliti, penulis, konsultan, wartawan yang meliput Toyota.  Begitu banyak pula perusahaan meniru Toyota.  Mengapa kesuksesannya tidak sebaik Toyota?  Apa kunci sukses Toyota?    The Power of HR.
Di Harvard Business Review,  Stephen J. Spear menyebutkan bahwa Toyota memiliki DNA yang sulit diduplikasi.  Ketika perusahaan lain menirunya, mereka hanya meniru tampak luarnya.  Mereka tidak meniru DNA yang menjadi sumber perilaku dahsyat sumber kemenangan kompetitif. Orang luar Toyota hanya meniru  kanban pull system, kaizen, heijunka, muda-mura-muri, nemawashi, genchi genbutsu, pokayoke, visual control, small lot production,  dan seterusnya. Tetapi mereka belum berhasil  menghunjamkan  filosofi dasar yang menegakkan sistem tersebut.

Toyota sangat percaya bahwa proses yang benar akan memberi hasil yang benar ( The Right Process Will Produce the Right Results).  Saya ingat betul bagaimana CEO legenda Astra International, T.P. Rachmat, membingkai filosofi ini setiap kali ia memberi wejangan pada para manajer Astra: “Jangan hanya berkonsentrasi pada hasil. Sebagai manajer,  perbaiki prosesnya, Anda akan mendapatkan hasilnya”.   Proses yang dimaksud di sini adalah bagaimana pekerjaan dilakukan, dan seberapa baik dan kompeten orang yang melakukannya. 
Untuk mendapatkan valuable people ini, Toyota tanpa henti, tanpa kenal lelah, tanpa pernah mempertanyakan jumlah investasinya, tanpa pernah menahan membelanjakan uangnya, Toyota memperbaiki manusianya.  Toyota sangat percaya bahwa tidak mungkin ada nilai tambah yang bisa dihasilkan manusia perusahaan,  bila perusahaan tidak memberi nilai tambah pertama-tama pada orangnya.    Melalui in-house, outhouse, overseas training, in class training, on the job training, job assignment, mentoring, coaching, counseling, gemba, dan semua cara pengembangan orang yang memungkinkan Toyota terus berusaha merubah hati, cara berpikir, sikap kerja, kompetensi, karakter, motivasi dan keterampilan manusianya.
Salah satu hal yang sangat menyenangkan dan memberi rasa aman bekerja di Toyota adalah Anda tak akan pernah dipertanyakan seberapa uang yang akan Anda belanjakan untuk mendapatkan the right people.  Anda justru akan lebih stress untuk berpikir apakah program dan eksekusi pengembangan yang Anda lakukan sudah cukup atau belum, baik dari sisi kuantitas, apalagi dari sisi kualitasnya.   Pertanyaannya, bukan berapa uang yang digunakan untuk pengembangan pegawai.  Manajemen Toyota sangat yakin bahwa tidak ada yang sia-sia dengan pengembangan karyawan untuk meningkatkan nilai tambah pegawai (value added for people). Manajemen Toyota percaya bahwa return on human  investment (ROHI) pasti akan lebih baik,  sepanjang programnya berkualitas.  Asal program dieksekusi sepenuh hati oleh semua level dan didukung penuh oleh Direksi . Asal kualitas program terus dievaluasi dan ditingkatkan.

Sumber : darminpella.wordpress.com
Edited by : promosi-toyota.blogspot.com
Terimakasih Anda telah membaca posting di atas yang
Dipublikasikan Oleh : Unknown
Telp : 085211911125 | 089622829224 (+Whatsapp)
Semoga informasi mengenai Sejarah Toyota bisa memberikan manfaat.

Silahkan Tweet/Share/Like untuk berbagi dengan kerabat Anda.

0 komentar:

Post a Comment

Note : PENTING
Simulasi kredit hanya sebagai gambaran Bapak/Ibu sekalian, untuk mendapatkan informasi yang valid silahkan hubungi kontak dibawah ini.
Mau tau Diskon Toyota Terkini?? Silahkan Hubungi : Promosi Toyota Info Kredit Toyota di Jakarta Depok dan Bekasi








TELP & SMS :
M. Fauzan
085211911125 (WA)
089622829224

TUNAS TOYOTA JATINEGARA
JL. Jatinegara Timur No. 51


Top View